CARA FIX BOOTLOOP “E:failed to mount /efs (Invalid argument)” di android Samsung

CARA FIX BOOTLOOP “E:failed to mount /efs (Invalid argument)” di android Samsung

Udah lumayan lama ga nulis2 nih….susah juga mau bikin tulisan yang blum pernah di bahas sama yang lain. Nah sekarang saya punya bahasan yang menarik dan mungkin belum pernah di bahas di blog-blog lain setahu saya, gak jauh-jauh dari masalah hh(smartphone).

Kemaren saya dapat pasien Samsung galaxy ace 3 yang stuck di bootlogo atau sering disebut bootloop, pertama kali liat dlm hati saya bilang ah gampang tiang di flash via odin udah sembuh lagi. Nah saya coba flash tu galaxy ace 3 dan proses flashing berjalan seperti biasa sukses tanpa kendala, tapi setelah saya coba idupin tu hp tetep aja bootloop.

Terus nae coba factory reset lewat stock recovery sama custom recovery, tapi gak ada hasil ntuh hp gak mau masuk home screen. Setahu saya android yang bootloop di balikin ke stock firmware pasti sembuh, tapi kali ini beda kasus(maklum masih noob). Terus ane coba flash pake custom rom dan hasilnya sama juga,  saya sempet nyerah dan mau balikin ke yang punya.

Tapi saya curiga sama message yang ada di cwm dan muncul juga di stock recovery, kali munculnya di cwm doank mungkin saya gak bakalan merhatiin tapi ini muncul juga di stock recovery. Message nya nulis “E:failed to mount /efs (Invalid argument) ane coba gugling dan banyak juga yang dapet masalah gitu dan semuany sama hh Samsung galaxy(saya gak merhatiin kalo ada hh lain yang dapet masalah kayak gini). Nah saya coba cara dari salah satu forum xda dan alhamdulilah sukses dengan indah :D…….



Hehe panjang juga prolognya…..langsung aja sekarang gimana cara benerin masala gak bisa mount partisi EFS(gak tau istilahnya). Pertama-tama kita siapin bahan bahanya:
-          Hh yang bootllop bandel(jangan yang normal ya…..)
-          Custom recovery yang support adb shell
-          Adb Tool
-          PC yang normal(kalo yang ngaco bukanya benerin hp malah sibuk benerin PCnya)
-          SU/buat root
-          Official firmware(gak peke juga boleh tapi cari aman dulu)
-          Rokok(buat yg ngudud) sama kopi
-          Doa dan usaha:D

Langkahnya:
1.       Flash hh ke official firmware
2.       Flash custom recovery bisa CMW/TWRP/Phillz yang penting support adb shell
3.       Boot ke recovery root hh via recovery, reboot ke recovery lagi
4.       Setelah masuk recovery pilih mount and storage->mount system
5.       Colokin hp ke pc pake usb kabel jangan yg lain
6.       Buka adb command window terus masukin perintah di bawah:

-          adb devices (kalo muncul ada tulisan offline harus ganti recovery, tapi klo statusnya udah device/recovery lanjut boss…)
-          adb shell
-          Su
-          cd /dev/block/platform
-          ls (biasanya kalo dipasang external sdcard ada dua biar gak salah jangan di pasang sdcardnya)
-          cd sdhci.1(ini kalo galaxy ace 3 beda type beda juga keluarnya kaya di galaxy s3 di ganti jadi cd dw_mmc)
-          ls (entar liat ada yang namanya by-name)
-          cd by-name
-          ll[LL] (kalo gak bisa coba ls –l, nah cari partisi efs kalo di ace 3  dia di mmcblk0p15 beda type beda juga lokasinya)
-          mke2fs /dev/block/mmcblk0p15
-          mount -w -t ext4 /dev/block/mmcblk0p15
-          reboot
selamat hpnya udah normal kembali…..segini dulu postingan kali ini semoga bermanfaat bagi yang baca, kalo kurang silahkan tinggalkan komtar.....



thanks to:
XDA
Fix My Shit 



8 komentar:

  1. makasih gannn........!!!!!
    sangat membantu

    ReplyDelete
  2. makasih gan sering-sering mampir :D

    ReplyDelete
  3. makasih lagi gan... cara ini juga berhasil di galaxy fame (gt-s6810) yg partisi efs'nya corrupt, di flash ulang tetap ngerestart. bedanya efs galaxy fame di mmcblk0p3.
    mantap lah pokoknya......!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan....I tiap hp emang beda partisi system nya...Yg penting cek duli di mana posisinya.....Pling enak pke efs pro...Bisa pake backup pula....

      Delete
  4. gan ane cari partisi sistem nya dong gan. ane butuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya backup raw, coba di forumgsm gan mau uplodin oneksi ane gak kuat....soalnya backup raw gede sizenya..

      Delete
  5. thx gan. mohon next solusi untuk xiaomi redmi 4a atau mi4i jg gan jg gan!!!

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top